Balap Liar di Jalan Imba Kesuma Meresahkan

Balap Liar di Jalan Imba Kesuma Meresahkan

Bandarlampung, Patriot News- Keberadaan balap liar di Jalan Raden Imba Kesuma Sumurputri, Telukbetung Bandarlampung, sangat mengganggu pengguna jalan umum dan meresahkan warga sekitar.

Setiap menjelang sore, terutama di bulan Ramadhan, puluhan remaja menggunakan sepeda motor mulai berdatangan di Jalan Raden Imba Kesuma kawasan kantor PDAM Way Rilau di Telukbetung, Bandarlampung.

Mereka datang dari berbagai tempat dan melakukan kebut-kebutan secara ugal-ugalan tanpa memperhatikan keselamatan pengguna jalan lain.

Ketika aparat kepolisian datang, mereka membubarkan diri, kocar-kacir memasuki gang-gang sempit, sehingga menganggu dan meresahkan warga sekitar. “Sangat menganggu,” kata Kohar (45) warga Sumurputri.

Kohar juga khawatir, ketika para remaja tersebut melintasi dengan kecepatan tinggi karena menghindari kejaran petugas,  akan mencelakakan warga sekitar.

Keberadaan balap liar itu juga, dikhawatirkan akan menimbulkan kecelakaan lalu lintas, bagi pengguna jalan lain. Karena jalan Raden Imba Kesuma merupakan jalan raya yang padat lalu lintas. “Ampun mas, tiap sore anak-anak ini,” kata Yanto (51), warga Kemiling yang mengeluhkan balapan tersebut.

Oleh karena itu, baik Kohar maupun Yanto mengharapkan agar aparat kepolisian melakukan tindakan kepada pelaku balap liar tersebut.

Petugas kepolisian dari Polresta Bandar Lampung Bripka (Polisi) Felani yang terlihat membubarkan balap liar tersebut mengatakan, pihaknya selalu menggelar patroli hunting ke sejumlah titik yang kerap dijadikan arena balapan liar di Bandar Lampung, termasuk di Jalan Raden Imba Kesuma Sumurputri ini.

Kegiatan patroli hunting itu dilakukan untuk mencegah aksi balapan liar yang biasa terlihat saat menjelang berbuka puasa. “Patroli hunting ini intens dilakukan oleh Polresta Bandarlampung untuk mencegah aksi balap liar yang kerap dilakukan oleh para pemuda setiap jelang berbuka puasa,” ujarnya.

Menurut Felani, Polresta Bandarlampung telah memetakan lokasi-lokasi yang biasa dijadikan arena balap liar. Salah satunya di Jalan Raden Imba Kesuma Telukbetung.

Patroli gabungan dilakukan, dengan menyisir sepanjang Jalan Raden Imba Kesuma dan membubarkan sejumlah pemuda yang sedang berkumpul. "Kita bubarkan dan kita imbau untuk kembali ke rumah" tambahnya.

Kegiatan patroli ini akan terus dilakukan untuk mencegah aksi balap liar dan menjaga situasi Kamtibmas di bulan suci Ramadan. "Bukan hanya sore hari saja, selepas solat subuh, kita juga telah lakukan patroli hunting untuk mencegah hal ini" kata Felani (HJ).