Puji Raharjo Jadi Ketua PWNU Lampung  

Puji Raharjo Jadi  Ketua PWNU Lampung   

Metro, Patriot News-Konfrensi Wilayah (Konferwil) XI Nahdatul Ulama (NU) Lampung menetapkan Puji Raharjo sebagai Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Lampung periode 2023-2028.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Lampung itu merupakan calon tunggal yang mengajukan diri sebagai Calon Ketua PWNU Lampung pada Konferwil XI NU yang diselenggarakan di Metro pada 29 Juli 2023 yang lalu.

Sebelumnya, terdapat dua calon yang digadang-gadang akan maju sebagai ketua PWNU, yakni Puji Raharjo dan Andi Warisno. Namun, di tengah sidang berlangsung secara Andi Warisno menyatakan tidak bersedia dicalonkan sebagai ketua PWNU.

Dengan demikian Puji Raharjo menjadi satu-satunya calon ketua dan ditetapkan sebagai Ketua PWNU Lampung periode 2023-2028.

Pada Konferensi Wilayah (KONFERWIL) XI Nahdatul Ulama (NU) Lampung tersebut juga menetapkan  KH. Shodiqul Amin sebagai Rois Syuria PWNU Lampung periode 2023-2028. 

KH Shodiqul Amin merupakan kyai kelahiran Semarang, 28 Juni 1962 telah menjadi Rois Syuriah PWNU Lampung periode 2023-2028 mendatang. 

KH. Shodiqul Amin lahir di Semarang 28 Juni 1962, adalah pengasuh pondok pesantren Darul Ishlah di Jalan Simpang Lima Pesanggrahan, Kampung Purwajaya, Kecamatan Banjar Margo, Tulangbawang, Lampung sejak tahun 1999.

Ketua PWNU terpilih Puji Raharjo, mengatakan bahwa dirinya telah menandatangani kontrak jam'iyah, hal ini bukan hanya harus dipertanggung jawabkan kepada peserta konferensi namun juga para muhasis atau pendiri NU serta kepada Allah SWT.
"Berbekal niat tulus dan ikhlas saya berharap bisa mengemban amanah  sebaik baiknya bersama dengan pengurus yang terbentuk nanti dan berakhir husnul khatimah," kata dia.
Puji juga menyampaikan terimakasih kandidat PWNU yang telah memberikan kesejukan dan kenyamanan dalam proses pemilihan ketua ini, tentunya hal itu karena kecintaan semuanya terhadap NU. "Mari kita bersama-sama siang malam kita berjuang untuk NU bersama berkhidmat untuk umat," kata dia.
Ia mengatakan ada misi besar yang harus dikerjakan selama lima tahun ke depan sebagaimana kontrak jami'yah, yakni kemandirian dalam membangun peradaban, mandiri di bidang pendidikan, ekonomi dan juga kesehatan. 
"Saya yakin pekerjaan yang berat  akan menjadi ringan kalau kita saling bergandeng tangan bahu membahu bersama untuk menyelesaikannya," kata dia.
Ketua terpilih PWNU Lampung, Puji Raharjo mengatakan akan segera menyelaraskan program kerja hingga organisasi terbesar itu berjalan dengan selaras atau koheren.

Puji menambahkan, dalam perencanaan program kerja, ia fokus kepada tiga hal utama. Ketiga hal itu di antaranya adalah kemandirian ekonomi, pendidikan dan kesehatan, sesuai keputusan permusyawaratan. 

"Tentu, program kerja yang akan kami lakukan apa yang sudah menjadi keputusan permusyawaratan yaitu kemandirian Nahdatul Ulama. Jadi nanti, kemandirian itu ada tiga bidang diantaranya, kemandirian pendidikan, ekonomi dan kesehatan," tambahnya. 

Menurut Puji, dengan fokus menjalankan tiga hal utama itu akan mempermudah dalam menyelaraskan program kerja hingga ke pengurus cabang. Selain itu ia meminta kepada seluruh pengurus untuk tegak lurus dalam menjalankan setiap program yang telah tersusun dan yang sedang direncanakan.

"Kita ini tidak bisa maju dan besar tanpa berkolaborasi dan sinergi. Maka, mulai dari atas sampai yang paling bawah khususnya di Lampung akan bertegak lurus untuk menjalankan program tersebut," pungkasnya. (*)