Kota Metro Terima APBD Award 2023

Kota Metro Terima  APBD Award 2023

Metro Patriot News- Pemerintah Kota (Pemkot) Metro kembali menerima penghargaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Award Tahun 2023 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Mercure Convention Centre Ancol, Jakarta, Kamis.


Pencapaian realisasi APBD Kota Metro sangat tinggi, yaitu sebesar 94,5 persen bersama lima kota se-Indonesia.
Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo, dalam sambutannya mengatakan, daerah yang mendapatkan penghargaan ini yang berhasil melakukan beberapa hal untuk yang pertama, yaitu paling tinggi terhadap realisasi penyerapan anggaran dan percepatan administrasi dan laporan pertanggungjawaban kegiatan.


Kemudian melakukan penyederhanaan bentuk kontrak dan bukti pertanggungjawaban pelaksanaan pengadaan barang dan jasa dengan tetap memedomani peraturan perundang-undangan. Mendorong peran aktif dalam melakukan review terhadap dokumen perencanaan dan keuangan, meminta pendampingan atau asistensi APH dan KPK.

Menurutnya, peran Kemendagri untuk mendorong penyerapan APBD yang pertama membentuk tim monitoring bersama antarkementerian dan lembaga terkait, pelaksanaan rapat koordinasi dengan kementerian terkait untuk untuk percepatan pengungkapan petunjuk teknis dana alokasi khusus kegiatan dari kementerian dan lembaga.


"Dan melakukan monitoring dan evaluasi serta dengan turun langsung ke daerah bersama tim monitoring, melaksanakan rakor nasional keuangan daerah, provinsi dan kabupaten/kota, mengadakan media dan webinar keuangan daerah setiap hari Rabu setiap minggu untuk mendorong realisasi APBD," ujarnya lagi.


Sementara itu, peningkatan kapasitas SDM sosialisasi kebijakan peraturan perundang-undangan, serta memberikan bimbingan teknis pengelolaan keuangan, menetapkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 tahun 2022 tentang Juknis Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah, menetapkan surat edaran kementerian atau lembaga tentang percepatan pengadaan pelaksanaan barang dan jasa.


Ia juga berpesan, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengendalikan inflasi daerah, agar kepala daerah terus monitor setiap minggu, dan menjaga pertumbuhan ekonomi dan menjaga inflasi. Pertumbuhan ekonomi di daerah menurutnya sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional.


Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin mengatakan, penghargaan ini didapatkan atas sinergi dari semua stakeholder terkait di Bumi Sai Wawai.


"Penghargaan ini tentunya merupakan buah hasil sinergi kerja, antara DPRD dan forkopimda, para OPD serta dukungan dari seluruh elemen masyarakat Metro," kata dia.
Ia menambahkan, ke depan penghargaan ini akan menjadi pemacu Pemkot Metro dalam pengelolaan APBD yang semakin baik (*)