Panwaslu Lemong dan Pesisir Utara Dilantik

Panwaslu Lemong  dan Pesisir Utara Dilantik

Pesisir Barat, Patriot News-Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat, Abdul Kodrat, hari Minggu (5/2) melantik Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kelurahan dan Desa se Kecamatan Lemong dan Kecamatan Pesisir Utara.

Abdul Kodrat selaku Koordinator Wilayah Kecamatan Lemong, Pesisir Utara, Pulau Pisang dan Karya Penggawa, mengatakan, pelantikan Panwaslu Kelurahan dan Desa tersebut dilakukan ,sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, yaitu tanggal 5 dan 6 Februari 2023.

Untuk anggota Panwaslu Desa dan Kelurahan se Kecamatan Lemong dan Kecamatan Pesisir Utara dilantik pada hari Minggu 5 Februari 2023 berjumlah 25 orang . “Sedangkan untuk kecamatan lainnya pelantikan dilaksanakan hari Senin 6 Februari 2023,” ujarnya.

Abdul Kodrat yang juga Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Pesisir Barat ini meminta, agar jajaran Panwaslu  menjunjung tinggi profesionalitas,  integritas dan netralitas  dalam bertugas.

“Panwas harus netral. Dilarang berpihak kepada peserta pemilu. Itu prinsip dasar Pengawas”, kata Kodrat menegaskan.

Dia juga mengingatkan, selain melaksanakan tugas pengawasan, Panwas juga harus mengedepankan upaya-upaya pencegahan. “Pencegahan adalah prioritas utama agar tidak terjadi pelanggaran terhadap aturan pemilu. Meskipun upaya pencegahan itu tidak terlihat oleh mata, namun akibatnya luar biasa,” tambahnya.

Kodrat juga meminta PKD terpilih,  untuk tetap  menjaga sikap, serta menjaga marwah lembaga. Sebab dalam pemilu sangat rawan terjadinya pelanggaran, oleh karenanya PKD berpedoman dengan aturan yang ada. (*)