Muswil Muhammadiyah Lampung Digelar di Lampung Timur

Muswil Muhammadiyah Lampung  Digelar di Lampung Timur

Sukadana, Patriot News- Musyawarah Wilayah Muhammadiyah (Muswil) Lampung akan digelar di Pondok Pesantren Al Ghifari, Batanghari, Kabupaten Lampung Timur,  10-12 Februari 2023 mendatang. 

Salah satu rangakain acara dalam Muswil tersebut adalah untuk memilih Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Lampung Periode 2023-2027.

Ketua Panitia Muswil Muhammadiyah Lampung Makruf Abidin  di Lampung Timur, Senin (30/1) menyebutkan ada 39 kandidat yang siap memimpin Muhammadiyah Provinsi Lampung periode 2023-2027.


"Dari info yang dihimpun  panitia penjaringan telah menerima kesediaan nama-nama untuk menjadi kandidat calon pimpinan Muhammadiyah Lampung periode 2022 – 2007. Dari penjaringan yang dilakukan, panitia pemilihan akan menyodorkan semua nama yang memenuhi syarat administrasi ke peserta musyawah pimpinan wilayah yang InsyaAllah akan dilakukan pada 10 Februari 2023," ujar Makruf Abidin.


Makruf Abidin menyatakan belum  mengetahui siapa saja kandidat calon ketua yang  lulus syarat berkas administrasi.
"Sampai hari ini belum ada satupun bocoran bakal calon yang memenuhi syarat administrasi. Saya sendiri sebagai ketua panitia, sampai hari ini  belum tahu bocoran itu. Jadi, ya tunggu saja di musyawah pimpinan wilayah nanti," ujarnya lagi.


Dia menjelaskan mekanismenya, sebanyak 39 orang calon yang lolos di musyawah pimpinan wilayah (musypimwil) akan dibawa ke Muswil untuk  dipilih menjadi 13 orang. 
Mengenai  calon pimpinan yang bakal pemimpin Muhammadiyah Lampung, apakah berasal dari anak muda atau orang tua,  Makruf pun mengaku belum mengetahui.


"Itu kewenangan para musyawirin. Bagi saya 'darah segar' (anak muda) maupun 'darah tua' (orang tua) nggak ada masalah.  Darah muda, kalau tidak aktif dan komitmen juga nggak ada gunanya,  sementara darah tua kalau masih komitmen, konsekuen dan mobilitasnya tinggi serta serius memikirkan Muhammadiyah, why not," jelasnya.


Adapun disinggung  peluangnya sebagai ketua panitia Muswil untuk bisa masuk dalam 13 besar itu,  Ma'ruf Abidin mengatakan belum tahu.
"Saya tidak sedang memikirkan hal itu,  bagi saya yang terpenting adalah bagaimana  penyelenggaraan Muswil Muhammadiyah di Lampung Timur ini sukses, karena ini sebuah kepercayaan bagi Lampung Timur. 


Sebagai warga Lampung Timur, saya harus totalitas mensukseskan penyelenggaraan acara ini. Persoalan saya dipilih atau tidak, itu bukan urusan saya,  itu  urusan  musyawirin semua," ujar  Ma’ruf Abidin (*).