FGD Universitas Saburai dan BRIDA Kabupaten Lampung Selatan

FGD Universitas Saburai dan BRIDA Kabupaten Lampung Selatan

Lampung Selatan, Patriot News - Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai (Saburai) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) telah melaksanakan Kegiatan Fokus Grup Diskusi (FGD) di Kantor Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kabupaten Lampung Selatan pada Hari Kamis, 7 Maret 2024 dengan memaparkan hasil identifikasi pendahuluan yang telah dilakukan oleh Tim Penelitian “Kajian Pemanfaatan Kolam Retensi Skala Rumah Tangga Sebagai Upaya Peningkatan Ketahanan Pangan Keluarga Untuk Pencegahan Stunting di Kabupaten Lampung Selatan".

Kegiatan FGD dilakukan bersama segenap Dinas dan Instansi Perangkat Daerah di Kabupaten Lampung Selatan bersama Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai. Tim Kajian diketuai oleh Dr. Ir. Lilik Ariyanto, S.T., M.T., I. P. M., ASEAN Eng. Bersama Tim  memaparkan hasil kajian pendahuluan tentang konsep pemanfaatan kolam retensi dan hasil koordinasi dengan pihak BRIDA dan Kecamatan serta Kepala Desa Terkait.

Anggota Tim Kajian ini antara lain Ir. Yunita Mauliana, S.T., M.T.,  Ir. Mirnanda Cambodia, S.T., M.T., Ir. Agus Apriyanto, S.T., M.T., MAPPI (Cert), Ade Sandra Dewi, S.E., M.S.Ak., CRA., Ferdyan Yuliano, S.E., dan Nurmawati., S.E. Beberapa masukan, saran dan pertanyaan disampaikan oleh perwakilan dari BAPEDA, Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan, Dinas PMD, Dinas Pertanian dan Hortikultura serta BRIDA dan ditanggapi oleh Tim Kajian.

Dalam kegiatan FGD ini juga diikuti dan didampingi langsung oleh Bapak Ir. Anwar, S.T., M.T selaku Wakil Rektor WR 2 dan juga sebagai tim kajian bersama Ibu Dr. Maristiana Ayu, S.E., M.S.Ak., Akt., CA, CSRS  selaku WR 1 dan Ibu Novalia, S. Pd., M.Si. selaku Ketua LPPM Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai.

Dengan dilaksanakannya kegiatan FGD ini diharapkan dapat terjadi komunikasi yang baik antar stakeholder di Kabupaten Lampung Selatan dan dapat memberikan masukan dan saran serta informasi yang bermanfaat untuk penyempurnaan hasil kajian yang sedang dilaksanakan, sehingga luaran hasil kajian ini dapat menjadi sebuah naskah ilmiah akademis yang dapat diterapkan dan dimanfaatkan oleh instansi terkait dan dapat memberikan manfaat dan mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Lampung Selatan.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan FGD ini, Tim Kajian akan melakukan tahapan kegiatan survey dan analisis lanjutan di lokasi kajian, yaitu di Desa Jatimulyo dan Desa Karanganyar Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. (ril)